kvalitnireklama.info

Simak Informasi Terpercaya Dari Kami
Uncategorized

harga kambing aqiqah per ekor 2021

One Day One Hadis: Waktu Kecil Belum Aqiqah, Masih Bolehkah Aqiqah Kala Berusia?

Kelahiran seseorang anak ialah karunia terbanyak dari Allah. Tiap pendamping suami- istri tentu mengharapkan perihal ini. Karenanya apabila dikaruniai seseorang anak, kita diajarkan buat bersyukur. Salah satu metode buat bersyukur merupakan dengan melaksanakan aqiqah. Bagi para ulama, penafsiran aqiqah secara etimologis yakni rambut kepala balita yang berkembang sejak lahirnya. Sebaliknya secara terminologis yakni menyembelih hewan pada hari ketujuh dari hari lahirnya seseorang anak baik pria ataupun wanita setelah itu diberi nama. Hukum Aqiqah bagi komentar yang sangat kokoh merupakan sunah muakkad serta aqiqah diperuntukan kepada orang tuanya.

Rasulullah bersabda dalam suatu hadis: harga kambing aqiqah 

عَنْسَمُرَةَبْنِجُنْدُبٍ،عَنْرَسُولِاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَقَالَ:“كُلُّغُلَامٍرَهِينٌبِعَقِيقَتِهِ،تُذْبَحُعَنْهُيَوْمَسَابِعِهِ،وَيُحْلَقُرَأْسُهُوَيُسَمَّى

Maksudnya:

“ Dari Samurah bin Jundub radhiallahu‘ anhu( w. 58 H), dari Rasulullah SAW bersabda,“ Tiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya serta diberi nama.”( HR: Al- Nasa’ i)

Yang diartikan dengan‘ tergadaikan’ bagi uraian Imam as- Sindi di dalam Hasyiahnya, terdapat sebagian penafsiran, di antara lain dengan melansir perkataan Imam Ahmad bin Hanbal kalau ini dalam konteks syafa’ at, maksudnya bila anak tersebut wafat saat sebelum baligh serta belum diaqiqahi hingga orang tuanya tidak hendak memperoleh syafaat anaknya di hari kiamat.

Imam al- Turbasyti menerangkan kalau sang anak semacam suatu yang tergadai, tidak dapat dinikmati secara sempurna, tanpa ditebus dengan aqiqah, serta sebab anak ialah nikmat dari Allah untuk orang tuanya, sehingga bagaikan orang tua wajib bersyukur, metode mensyukurinya dengan melaksanakan aqiqah terhadap anaknya.

Baca Juga : PEGIAT HAM KRITIK RELOKASI PENGUNGSI ROHINGYA KE PULAU TERPENCIL BANGLADESH

Sebaliknya aqiqah kala umur berusia, Imam al- Nawawi menarangkan di dalam kitabnya Raudhat al- Thalibin wa‘ Umdat al- Muftin kalau aqiqah masih dapat dicoba sekalipun melalui dari 7 hari, namun hendaknya tidak ditunda sampai baligh. Abu‘ Abdillah al- Busyanji dari golongan ulama mazhab Syafi’ i mengatakan,“ Bila tidak disembelihkan pada hari ke- 7, hingga disembelihkan pada hari ke- 14, bila tidak, hingga disembelihkan pada hari ke- 21”.

Terdapat komentar yang mengatakan kalau bila 7 hari itu sudah kesekian 3 kali, hingga habislah waktu opsi. Bila tidak dilaksanakan sampai baligh, hingga hukumnya gugur. Anak tersebut memilah buat mengaqiqahi dirinya sendiri, sebagaimana Rasulullah SAW mengaqiqahi dirinya sendiri sehabis jadi Nabi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *